Cara Ngebangun Web Ecommerce Kaya Zawaya Tanpa Ngerti Coding

Web Zawaya dibuat pake wordpress, sistem ecommercenya pake plugin woocomerce gratis dari wordpressnya. Pake wordpress karena ga perlu coding dan banyak plugin yang dikembangin developer untuk support ecommerce lokal.

Hal pertama yang aku lakuin beli hosting dan domain. Untuk hosting, aku pake ini untuk semua web yang pernah aku buat. Dari 2013 ga pernah pindah, soalnya jarang bermasalah dan supportnya bagus. Tutorialnya juga lengkap.

Setelah beli hosting, aku install WordPress dan tambahin plugin woocomerce gratis di web wordpressnya.

Untuk theme wordpress, aku pake ini. Pernah pake theme premium buatan luar, tapi bikin lemot. Akhirnya ketemu theme ini, yang paling disuka dari template ini : fast loading (bisa cek di web gtmetrix.com), disesuaikan dengan kebutuhan olshop lokal dan mudah buat landingpage. Buat landingpage/halaman penawaran untuk iklan(fb/ig ads) tinggal drag and drop aja. Ada tutorial video step by step nya lengkap banget, bahasa Indonesia dan tentunya newbie friendly.

Terus yang terakhir, aku pake plugin ongkos kirim yang pertama dan terbaik se-Indonesia saat ini. Aku pake paket yang ini. Jadi nanti web kita bakal ngitung ongkir otomatis dengan kurir lokal, support banyak bank lokal juga, jadi bikin tampilan web kita lebih profesional.

Setelah semua diinstall, tinggal masukin produk, dan diiklankan. Nanti sering-sering cek email kalau udah ada orderan masuk 🙂